Tips Membeli Batu Mulia


1. Carilah informasi mengenai batu cincin yang anda inginkan, apakah batu aji / akik atau batu permata ?

2. Carilah informasi mengenai bentuk batu cincin yang anda inginkan, apakah bulat cabochon atau oval / kotak cutting

3. Carilah informasi mengenai jenis batu cincin yang anda inginkan, apakah ingin disesuaikan dengan hari kelahiran, bintang kelahiran (astrology), fungsi / tuah ?

4. Carilah informasi mengenai jenis batu cincin yang anda inginkan / suka dan pas dengan diri anda, bukan ikutan trend karena anda sendiri yang akan memakai batu cincin tsb.

5. Cari tahu harga yang ada di pasaran artinya anda harus berkeliling dari counter ke counter, cek harga di shopping online seperti facebook, toko bagus, dsb.
6. Tanyakan ke pedagang apakah mempunyai batu yang bagus karena tidak semua ditaruh di display counter.
7. Jangan lupa membawa senter untuk cek keretakan batu krn tidak semua bisa terlihat dengan jelas (jangan pakai lampu korek api ya).
8. Jika mempunyai teman yang mengerti tentang batu batuan permata agar bisa diajak dalam menentukan batu yang akan dibeli.
9. Anda ingin membeli via online shopping seperti Kaskus, OLX, Facebook, dll, diusahakan untuk membeli langsung / COD karena terkadang gambar di foto berbeda dengan aslinya
10. Apakah anda ingin membeli batu lepasan atau dengan ikatannya ?
11. Ikatan terdiri dari berbagai jenis sehingga turut menjadi faktor harga sebuah cincin batu (monel, alpaka, silver, suasa, tembaga)
12. Jangan pernah tergiur dengan penawaran orang mengenai batu cincin dari  broker / perantara karena biasanya harganya menjadi lebih tinggi.
13. Jika membeli bahan pastikan anda mengerti karena terkadang setelah dipoles / dibentuk hasilnya tidak sesuai dengan yang kita inginkan.
14. Jangan lupa untuk menentukan pilihan apakah anda ingin memakai batu permata / cincin natural atau sintetis

Satu komentar di “Tips Membeli Batu Mulia

  1. Ping balik: Batu Yaman | Batu Mulia

Silakan Beri Komentar