Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu


Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu

Kaum wanita dikenal suka segala jenis perhiasan dan salah satu jenis perhiasan yang paling disukai oleh wanita adalah berlian.

Tentunya faktor keindahan, langka dan harganya yang mahal yang menjadikan jenis perhiasan ini disukai oleh kaum wanita yang biasanya terlihat lebih percaya diri jika menggunakan perhiasan yang terbuat dari berlian.

Namun sayangnya ada sebagian pedagang perhiasan nakal yang ingin menangkap momen ini dimana mereka menjual berlian palsu dan mengatakan pada pembeli bahwa berlian yang dijualnya tersebut adalah berlian asli.

Jika hal ini sampai terjadi maka sudah termasuk dalam penipuan batu mulia dan aksi kejahatan sehingga pelaku bisa dijerat oleh pasal penipuan.

Sayangnya masyarakat masih banyak yang belum mengetahui cara membedakan berlian asli dan palsu karena hal ini memang gampang-gampang susah.

Meskipun anda masih belum memiliki berlian dengan mempelajari cara membedakan berlian asli dan palsu, siapa tahu di kemudian hari anda akan ada orang yang menawari berlian dan anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari tahu cara mengetahui keasliannya.

Berikut ini adalah Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu diantaranya :

  • Menguji keaslian berlian dengan bernapas pada berlian

Pada berlian yang asli kabut dari napas anda akan menghilang dengan cepat. Namun jika berlian tersebut palsu maka kabut dari napas anda akan menempel untuk beberapa detik.

 

  • Mencermati setiap sisi berlian

Berlian yang asli jika dilihat dari berbagai sisi akan tetap terlihat mempesona. Sedangkan berlian palsu biasanya sejak awal dibuat memang dibuat untuk berkilau hanya pada bagian atas sedangkan pada bagian sisi yang lain kurang berkilau.

 

  • Dengan meletakkan berlian di atas koran

Letakkan berlian di atas koran dan anda akan bisa melihat perbedaan asli atau palsunya dengan jelas. Untuk berlian yang asli anda tidak akan bisa melihat tulisan yang yang berbayang pada batu berlian karena berlian yang asli memiliki bagian dalam yang kompleks dan cahaya tidak akan bisa membuat bayangan yang jelas pada batu berlian..

 

  • Melihat batu berlian dengan menggunakan kaca pembesar

Berlian adalah jenis batu mulia yang paling keras dengan skala kekerasan mohs batu mulia sebesar 10 skala mohs sehingga tidak akan bisa digores dengan benda apapun selain benda yang terbuat dari berlian itu sendiri

Jadi jika setelah dilihat dengan menggunakan kaca pembesar terdapat goresan pada permukaan batu maka batu berlian tersebut bisa didikatakan sebagai batu berlian palsu.

 

  • Bandingkan berat berlian yang satu dengan berat berlian yang lain

Jika ada salah satu batu berlian yang terasa lebih berat maka kemungkinan besar batu berlian tersebut adalah batu Cubic Zirconia yang memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan berlian. Batu Cubic Zirconia adalah jenis batu yang berasal dari Austria dan memiliki kilauan yang terlihat seperti berlian.

Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu

 

Semoga informasi Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu yang disebutkan di atas bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk klik like dan bagikan artikel Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu ini.

Terima kasih telah berkunjung ke situs Batu Mulia Surabaya 🙂

2 komentar di “Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu

  1. Ping balik: Pajak Batu Akik Mulai Diterapkan Juli 2015 | Batu Mulia

Silakan Beri Komentar