Batu Fosil Kayu


Batu Fosil Kayu

Batu fosil kayu adalah kayu yang telah menjadi fosil dengan struktur kayu yang terjaga dengan baik dimana semua bahan organik dari kayu telah digantikan oleh mineral sejenis silikat seperti quartz sehingga batu fosil kayu memiliki tingkat kekerasan mohs batu mulia sebesar 6-7 skala mohs.

Proses terbentuknya batu fosil kayu terjadi di bawah tanah pada saat kayu terpendam pada bawah lapisan sedimen. Mineral yang terdapat dalam air meresap masuk ke dalam sel-sel tanaman sedangkan lignin dan selulosa yang membusuk diganti oleh batu.

cincin batu fosil kayu motif kulit salak

cincin batu fosil kayu motif kulit salak

 

Batu Fosil Kayu termasuk dalam kategori batu mustika yang langka dimana sebagian masyarakat meyakini bahwa batu fosil kayu memiliki kekuatan magis.

Meskipun batu fosil kayu termasuk jenis batu yang langka dan diyakini memiliki kekuatan magis namun batu ini bisa diperoleh dengan cukup mudah karena harganya yang tidak terlalu mahal.

Meski demikian bukan berarti anda bisa dengan sangat mudah untuk mendapatkan batu fosil kayu langsung dari alam.

batu fosil kayu motif bulu harimau

batu fosil kayu motif bulu harimau

 

Karena kekayaan alam Indonesia sangat luar biasa maka diyakini bahwa potensi alam berupa batu fosil kayu masih banyak yang masih terpendam dan belum digali.

Warna dari batu fosil kayu sangat dipengaruhi oleh usia batu itu sendiri yang terjadi akibat adanya gesekan dan tekanan dengan kulit bumi yang terjadi sangat lama.

Menurut ahli perbatuan batu fosil kayu yang memiliki warna alam seperti hitam, coklat, dan putih memiliki usia setidaknya 25 juta tahun.

Panjang dari batu fosil kayu dari alam bisa mencapai 6 meter dengan lebar diameter 1 meter yang beratnya bisa mencapai 10 ton.

kayu fosil

kayu fosil

 

Batu mustika fosil kayu biasanya digunakan sebagai tempat atau batu isian/batu rajah sehingga tidak mudah pecah atau dikenal memiliki ketahanan yang kuat.

Para pengrajin yang mengolah batu fosil kayu biasanya sangat berhati-hati dalam menjaga keaslian bentuk alami batu ketika memprosesnya dalam bentuk cincin, liontin atau perhiasan.

Tidak ada batasan usia untuk pengguna perhiasan batu fosil kayu karena jenis batu ini cocok untuk digunakan kalangan muda, tua, pria atau wanita.

Selain bisa digunakan sebagai cincin, batu fosil kayu juga bisa digunakan sebagai liontin, tempat duduk atau kursi, dan meja.

Yang harus diperhatikan adalah usahakan untuk tidak membawa batu fosil kayu dengan sembarangan karena jika batu fosil kayu telah mengalami kerusakan maka batu fosil kayu tersebut tidak akan bernilai lagi terutama batu fosil yang terbentuk karena proses alam.

Wastafel batu fosil kayu

Wastafel batu fosil kayu

 

 

Asal Batu Fosil Kayu

Batu kayu fosil biasanya ditemukan di daerah pesisir pantai, perbukitan dan pegunungan di Kalimantan, Jawa, Sumatra dan Papua Pedalaman.

 

Ciri Batu Fosil Kayu

Ciri dari batu fosil kayu biasanya berwarna coklat yang terlihat gelap atau hitam dan memiliki ciri alam berupa serat kayu pada permukaan batu.

Ciri lain yang terdapat pada batu fosil kayu adalah keras, bercahaya, dingin, memiliki struktur unik dan berusia jutaan tahun.

Untuk batu fosil kayu yang berkualitas baik jika diterawang dengan cahaya maka serat kayu pada batu fosil kayu tersebut akan tetap terlihat.

 

Jenis batu kayu fosil

Batu kayu fosil memiliki banyak jenis diantaranya batu fosil kayu jati, batu fosil kayu kelapa, batu fosil kayu merah, batu fosil kayu bertuah, batu fosil kayu cendana, batu fosil kayu kayu hitam dan batu fosil kayu kelor.

 

Manfaat batu fosil kayu

Sebagian masyarakat menganggap bahwa batu fosil kayu memiliki manfaat yang berhubungan dengan magis seperti untuk menolak serangan ilmu hitam, santet dan kiriman jimat serta sebagai pengasihan dan penglaris usaha.

 

Harga batu fosil kayu

Batu fosil kayu bisa dibedakan menjadi beberapa kelompok menurut kualitasnya. Untuk batu fosil kayu yang sangat baik disebut dengan fosil es yang memiliki ciri berwarna putih dan berusia di atas 400 juta tahun.

Harga dari batu fosil es sekitar 1 juta rupiah per 1 kg dalam kondisi fully polish dimana harganya masih bisa berubah tergantung dari kerumitan struktur batu, usia batu dan tingkat kelangkaan batu.

Kemudian ada batu fosil jos yang memiliki ciri berwarna kuning keemasan dan usia yang hampir sama dengan batu fosil es dimana batu fosil jos memiliki nilai jual sekitar 500 ribu hingga 1 juta rupiah per 1 kg

Untuk batu fosil yang memiliki nilai jual paling murah adalah batu fosil teh dimana ciri batu ini memiliki warna yang terlihat seperti warna teh. Harga dari batu fosil teh sekitar 100 ribu hingga 300 ribu per 1 kg.

Di sisi lain pada penjual batu hiasan taman biasanya memecahkan batang besar batu fosil kayu kemudian digunakan untuk menjadi tembok hiasan taman rumah dan harganya pun sangat murah yaitu sekitar Rp 25 ribu per 1 kg.

liontin batu fosil kayu

liontin batu fosil kayu

 

Semoga informasi batu fosil kayu yang disebutkan di atas bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk klik like dan bagikan artikel batu fosil kayu ini.

Terima kasih telah berkunjung ke situs Batu Mulia Surabaya 🙂

Silakan Beri Komentar