Batu Combong


Batu Combong

Indonesia dikenal memiliki keragaman jenis batu mulia dan sebagian diantaranya dipercaya sebagai jenis batu yang memiliki tuah atau kekuatan mistik dan salah satu diantaranya adalah batu combong.

Asal nama batu combong adalah karena jenis batu ini memiliki lubang mulai dari ukuran yang kecil hingga agak besar pada bagian sisi batu yang terlihat tembus meskipun lubang tersebut berukuran kecil.

Batu Combong bisa ditemukan pada berbagai jenis batu akik biasa hingga batu mulia yang berkelas tinggi meskipun jarang ditemukan pada jenis batu yang memiliki skala kekerasan mohs batu mulia di atas 7 skala mohs.

Biasanya jenis batu combong dikoleksi karena dianggap mengandung khodam dan memiliki daya magis apalagi dari sisi bentuk batu combong kurang terlihat menarik jika dijadikan perhiasan seperti liontin atau cincin.

Bagi orang awam yang belum paham mengenai batu akik biasanya kurang menyukai jenis batu combong namun berbeda dengan para kolektor batu mulia dimana mereka sudah paham mengenai kelebihan dari batu combong.

Maka dari itu tidak mengherankan jika harga dari batu combong cenderung agak mahal jika dibandingkan dengan jenis batu akik yang lain karena banyaknya permintaan terhadap batu combong.

Namun untuk menguji keaslian dari batu combong yang asli cukup sulit terutama jika ingin menguji ada atau tidaknya khodam di dalam batu combong.

Berbeda dengan pembeli atau kolektor batu akik yang benar-benar menyukai batu combong karena nilai seninya saja dan tidak mementingkan khodam atau unsur magisnya.

bongkahan Batu combong

bongkahan Batu combong

 

Sejarah Batu Combong

Pada jaman dahulu lebih tepatnya pada jaman Wali Songo biasanya batu combong digunakan sebagai penghitung waktu untuk melaksanakan ibadah sholat.

Pada saat itu batu combong disebut dengan nama “Tuloq Ukur” yang artinya adalah batu untuk mengukur dimana melalui batu combong akan terlihat adanya sinar matahari yang masuk melalui lubang pada batu.

Setelah para Wali menemukan cara yang lebih sederhana untuk menentukan waktu sholat kemudian batu combong berubah fungsi menjadi batu kecil yang diasah tangan yang akhirnya dikenal dengan nama Angkik Jawa Sih Pingalem (Akik Jawa yang disukai).

 

Jenis Batu Combong

Jenis batu combong biasanya ditemukan pada jenis batu sulaiman sehingga ada istilah batu sulaiman combong, ataupun jenis batu yang memiliki skala kekerasan yang rendah seperti Batu Cempaka madu combong.

Batu combong mudah mengalami keretakan karena unsur molekul dan mineralnya tidak terikat dengan kuat dan batu combong biasanya memiliki warna kuning dengan kombinasi oranye seperti batu jenis kenanga atau kinyang.

 

Asal Batu combong

Batu combong atau batu bolong biasanya memiliki skala kekerasan sekitar 5 skala mohs dimana jenis batu ini biasanya ditemukan di lereng gunung atau aliran sungai.

  1. Batu yang berasal dari bahan cadas kali atau pegunungan yang mempunyai warna kuning bercampur orange. Batu dengan ciri khas seperti ini mempunyai 3 pamor/ruas batu, yaitu : a. Pamor Sulaiman. b. Pamor Air Widuri dan c. Pamor Collono (mulus). Batu ini disebut Kinyang atau Kenanga.
  2. Batu yang berasal dari mata air yang membeku dan mempunyai ciri khas warna hitam. Batu ini mempunyai dua pamor: a. Pamor Madu; dan b. Pamor Sulaiman. Batu ini disebut sebagai Yaman Jawa

  3. Batu yang berasal dari dalam batu cadas. Dan biasa mempunyai warna putih gajih atau lemak. Batu ini mempunyai bermacam-macam pamor. Seperti: Urat Serabut, Urat Widuri, Urat Sumur Bandung, Urat Cempaka, Urat angka, dan lain-lain. Biasanya batu ini disebut Angkik.

 

Ciri Batu Combong Asli

Ciri khas batu combong bisa dilihat dari ruas batu atau pamor seperti pamor akik sulaiman dengan gambar, pamor Collono (mulus), pamor air widuri (memiliki sedikit serat didalamnya) dan batu yaman bentukan dari air membeku ciri umum berwarna hitam atau gelap.

Salah satu ciri batu combong yang asli adalah adanya lubang alami dan harus terlihat tembus, sedangkan batu yang dilubangi dengan sengaja bukan termasuk batu combong asli.

Di pasaran batu combong bisa ditemukan dengan berbagai jenis, harga dan ukuran namun untuk menemukan batu combong yang memiliki tuah relatif cukup sulit karena butuh pengujian yang lebih lanjut.

Berikut ini adalah Ciri batu Combong asli diantaranya :

  • Batu combong yang asli cenderung terasa berat karena termasuk jenis batuan yang berasal dari alam
  • Memiliki ciri khas umum dari batu akik yaitu adanya serat atau serabut di dalam batu
  • Lubang pada batu combong terbentuk secara alami dan bukan dibentuk dengan sengaja seperti dikikis atau dibor
  • Jika dilihat dengan menggunakan kaca pembesar pada lubang batu combong akan terlihat adanya bekas kikisan air dengan bentuk yang agak kasar dan tajam
  • Permukaan batu combong terlihat kasar dan tidak terlihat adanya bekas seperti dilubangi secara sengaja dengan menggunakan alat

 

 

Jenis Batu Combong

Berikut ini adalah jenis batu combong yang sering beredar di pasaran batu akik Indonesia diantaranya :

Batu combong sulaiman

batu combong sulaiman

batu combong sulaiman

Batu combong hitam

batu combong hitam

batu combong hitam

 

Batu combong wulung

batu combong wulung

batu combong wulung

 

Batu combong madu

Batu combong madu

Batu combong madu

 

Batu combong asihan

Batu combong asihan

Batu combong air

Batu combong air

 

Batu combong anggur

Batu combong anggur

Batu combong anggur

 

Batu combong angka 8

Batu combong angka 8

Batu combong angka 8

 

Manfaat Batu Combong

Berikut ini adalah manfaat batu akik jenis combong diantaranya :

  • Meningkatkan kharisma pemilik
  • Berfungsi sebagai pengasihan
  • Pemilik akan lebih disukai oleh orang-orang di sekitar
  • Membuka aura ketampanan bagi pria dan aura kecantikan bagi wanita
  • Menutupi kekurangan pemilik
  • Yang tadinya benci akan jadi lebih menyukai pemilik
  • Meningkatkan kewibawaan pemilik
  • Kata-kata anda akan lebih diperhatikan orang lain
  • Meringankan cedera atau rasa sakit
  • Mencegah atau menangkal serangan ilmu hitam dari orang lain

Meskipun meyakini bahwa jenis batu combong memiliki tuah atau manfaat namun jangan lupa bahwa batu combong adalah ciptaan Allah swt dan jangan sampai hal ini membuat kita menjadi syirik atau menyekutukan Allah swt.

 

Harga Batu Combong

Harga dari batu combong sangat bervariasi ada yang murah dan mahal tergantung dari jenis batu, ukuran batu dan kualitas batu.

Untuk batu combong sulaiman biasanya dijual dengan harga sekitar 3 juta rupiah sedangkan bongkahan batu combong dengan ukuran 120 x 100 x 25 mm biasanya dijual dengan harga sekitar 500 ribu rupiah.

 

 

Cara merawat batu combong :

Tidak sulit untuk melakukan perawatan batu combong hanya cukup dengan menggunakan kain bersih atau tisu untuk memberihkan permukaan batu combong.

Usahakan untuk mengolesi permukaan batu combong dengan menggunakan minyak mistik non alkohol setidaknya satu kali dalam sebulan dan disarankan untuk menggunakan jenis minyak melati, mawar, cendana atau gaharu.

 

Perawatan lanjutan batu combong

Batu combong direndam selama 1 malam dalam 1 mangkok berisi air putih dan 7 macam bunga yang wangi yang dilakukan setiap setahun sekali pada bulan maulid.

Setelah melewati proses perendaman keringkan batu combong dengan cara diangin-anginkan dan batu combong sudah siap untuk digunakan sedangkan doa yang digunakan tergantung dari kepercayaan masing-masing yang inti dari doanya adalah supaya dengan Izin Allah swt bisa terhindar dari segala bencana dan hawa negatif.

Untuk batu combong yang bening (kristal) sebaiknya dijemur pada saat bulan purnama dimana hal ini dilakukan untuk menambah kekuatan dan menyelaraskan energi pada batu.

 

Cara Melihat Khodam Batu Combong

Tidak semua batu combong memiliki khodam namun pada batu combong yang memiliki khodam biasanya pada saat dibawa akan mengeluarkan bau wangi atau bisa juga khodam akan menunjukkan kehadirannya melalui mimpi yang biasanya memberitahu cara merawat dan menggunakan batu combong.

Bisa juga dengan berdoa supaya ditunjukkan kehadiran khodam dengan membakar dupa atau hio kemudian tidurlah dengan meletakkan batu combong di bawah bantal.

Niscaya khodam akan datang melalui mimpi, namun jika masih belum datang ulangi cara tersebut selama 3 kali dan bila masih belum kunjung datang artinya batu combong tersebut tidak memiliki khodam.

Bila pada saat tidur anda bermimpi melihat :

  • Taman bunga yang indah

artinya batu combong tersebut berfungsi sebagai pengasihan dan bisa mempengaruhi orang lain

  • Sekuntum bunga atau jenis bunga tertentu

artinya kekuatan batu combong hanya sedikit dan hanya bisa memberikan pengaruh yang sedikit dalam mempengaruhi oreng lain

  • Kupu-kupu atau burung

artinya batu combong tersebut cocok dibuat untuk usaha atau berdagang

  • Ikan

artinya batu combong tersebut bisa meningkatkan rejeki

batu combong

batu combong

kalung batu combong

kalung batu combong

liontin batu combong

liontin batu combong

 

Semoga informasi Batu Combong yang disebutkan di atas bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk klik like dan bagikan artikel batu combong ini.

Terima kasih telah berkunjung ke situs Batu Mulia Surabaya 🙂

Silakan Beri Komentar