Batu Jadeite – Batu Termahal Dan Langka di Dunia


Batu Jadeite – Batu Termahal Dan Langka di Dunia

Jika Anda sering mendengar istilah nama Jade dalam dunia batu mulia maka mungkin anda masih belum mengenal Jadeite.

Jade merupakan istilah penamaan dari batu Giok untuk dunia internasional sedangkan Jadeite adalah salah satu jenis dari batu giok.

Batu Giok jenis Jadeite termasuk jenis batu mulia yang langka sehingga tidak mengherankan jika harga batu jadeite sangat mahal.

Bentuk batu jadeite yang paling berharga dari batu ini adalah yang berwarna hijau mencolok seperti Emerald (batu Zamrud), yang kemudian dikenal sebagai “Imperial Jadeite”.

Batu Jadeite merupakan komposisi piroksen mineral NaAlSi2O6 dimana syarat utama dari batu Jadeite) adalah memiliki lebih dari 50% dari natrium dan aluminium kaya.

Batu Jadeite berasal dari batuan metamorf di bawah tekanan tinggi dengan kondisi suhu yang relatif rendah.

skala kekerasan mohs batu Jadeite adalah sekitar 6,5-7,0 dengan kepadatan sekitar 3,25-3,35 tergantung pada komposisi.

Sebagian besar dari warna batu Jadeite dipengaruhi oleh adanya elemen krom. Ini biasanya warna berkisar dari putih melalui batu giok hijau.

Warna Batu Jadeite yang paling sering ditemui adalah  hijau pucat sedangkan ciri khas utama batu jadeite adalah warna hijau keabu-abuan yang membuat batu ini terlihat sangat menarik.

batu Jadeite

Batu Jadeite adalah salah satu jenis batu mulia yang termahal dan langka di dunia dimana jenis batu yang sangat istimewa dan mewah  ini dijual dengan harga yang sangat mahal yaitu untuk tiap karatnya adalah 3 juta Dollar AS.

Bahkan pada tahun 1997 batu Jadeite pernah dijual dengan harga 9 juta dollar AS untuk tiap karatnya.

Batu Jadeite bisa ditemukan di negara pengekspor terbesar Batu Jadeite yaitu Uni Myanmar serta negara-negara lain meskipun tidak sebanyak Uni Myanmar yaitu Rusia, Amerika Serikat, Jepang, Italia dan Guatemala.

Jadi kesimpulannya batu Jadeite bukan termasuk jenis batu mulia lokal, meski demikian cukup banyak kolektor batu mulia asal Indonesia yang ikut berburu jenis batu ini.

Sejarah Batu Jadeite

Awal sejarah dari batu jadeite adalah pada ribuan tahun yang lalu dimana batu jadeite digunakan oleh masyarakat pada saat itu untuk merakit atau membuat senjata dan menggunakan kekuatannya untuk alat-alat perkakas. Bangsa Aztec dan Maya sangat menghargai jenis batu jadeite.

cincin Jadeite

Semoga informasi Batu Jadeite – Batu Termahal Dan Langka di Dunia yang disebutkan di atas bermanfaat untuk kita semua.

Salam Batu Mulia Surabaya 🙂

Satu komentar di “Batu Jadeite – Batu Termahal Dan Langka di Dunia

  1. Ping balik: Batu Bulu Monyet | Batu Mulia

Silakan Beri Komentar