Batu Kecubung Es (Kinyang)


Batu Kecubung Es (Kinyang)

Batu mulia yang ada di Indonesia sangat beragam dan sebagian diantaranya memiliki keunikan tersendiri misalnya batu kecubung es atau biasa disebut sebagai kinyang dan rock crystal.

Batu Kecubung Es (Kinyang) merupakan salah satu jenis Batu Kecubung yang sudah dikenal sejak bertahun-tahun yang lalu di pasaran batu mulia Indonesia dan luar negri dimana batu kecubung es biasanya digunakan sebagai aksesoris perhiasan, koleksi sampai pada kebutuhan untuk suatu ritual tertentu.

Batu kecubung es termasuk ke dalam Jenis Batu Kalsedon (chalsedony) dengan skala kekerasan mohs batu mulia sebesar 6 skala mohs.

Warna putih dan bening pada batu kecubung es memberikan filosofi ketenangan dan kesejukan, selain itu batu ini memiliki sifat seperti es sehingga dinamakan batu kecubung es.

bongkahan batu kecubung es

bongkahan batu kecubung es

 

Jenis Batu Kecubung Es

Berikut ini adalah jenis batu kecubung es diantaranya :

  • Batu kecubung es putih

Memiliki corak yang mirip seperti es yaitu putih namun tidak bening transparan hanya putih mengkilap.

batu kecubung es putih

batu kecubung es putih

 

  • Batu kecubung es bening

Memiliki corak seperti es yang terlihat bening dengan guratan di dalamnya.

batu kecubung es bening

batu kecubung es bening

 

  • Batu Kecubung es rambut emas

Memiliki corak seperti es yang bening transparan dan mengkilap sedangkan di dalamnya terdapat helaian rambut yang berwarna keemasan. Jenis batu kecubung es rambut emas adalah salah satu jenis batu kecubung yang diburu oleh para kolektor batu mulia.

batu kecubung es rambut emas

batu kecubung es rambut emas

 

Ciri Batu Kecubung Es Asli

Berikut ini adalah ciri batu kecubung es asli diantaranya :

  • Ciri utama dari batu kecubung es yang mudah dilihat yaitu warna batu terlihat bening mirip dengan es
  • Memiliki kilauan yang khas
  • Jika disenter cahayanya terlihat tembus
  • Jika batu kecubung es ditetesi air maka air tersebut akan menggumpal di atasnya
  • Jika batu kecubung es dimasukkan dalam segelas air putih, maka batu kecubung es akan terlihat samar
  • Memiliki tingkat kebeningan yang hampir merata pada seluruh bagian batu
  • Memiliki sifat seperti es yaitu terasa dingin jika digenggam
  • Adanya retakan batu es di dalam batu dan jika terkena cahaya matahari akan terlihat adanya sedikit pelangi (biasa disebut jarongnya keluar), dan jika nampak warna pelangi dari batu kecubung es ini maka biasanya harganya akan semakin mahal
  • Memiliki energi yang menolak energi panas sehingga bila sehelai rambut ditempelkan pada batu kecubung es lalu dibakar dengan api, maka rambut tidak sedikitpun terbakar atau melepuh
ciri batu kecubung es asli

ciri batu kecubung es asli

 

Manfaat Batu Kecubung Es

Batu kecubung es selain disukai karena keindahan dan keunikannya, terkadang juga dikoleksi karena jenis batu ini memiliki banyak manfaat.

Berikut ini adalah manfaat batu kecubung es diantaranya :

  • keberuntungan

Batu kecubung es diyakini oleh ahli metafisika mampu membersihkan kesialan atau aura negatif yang sering menimpa seseorang jadi apapun segala jenis pekerjaan anda maka dengan memiliki batu kecubung es maka diyakini pekerjaan anda akan menjadi lebih lancar.

 

  • Pesona

Batu kecubung es memiliki aura pesona sehingga ketika anda menggunakan cincin batu kecubung es maka energi positif anda akan meningkat dan orang-orang yang ada di sekitar anda akan merasa lebih terpesona.

 

  • Menjaga kesehatan

Energi positif dalam batu kecubung es mampu memberikan pengaruh biokimia dalam tubuh sehingga metabolisme tubuh atau kesehatan anda akan tetap terjaga dengan baik sehingga anda akan selalu terlihat penuh stamina dan energi, menghilangkan stres, menghilangkan insomnia, nyeri, kecanduan dan gangguan kesehatan secara umum.

 

  • Meningkatkan kharisma dan wibawa

Dengan memiliki batu kecubung es maka tubuh anda akan menghasilkan reaksi yang akan mendukung karakter kepribadian anda sehingga menjadi terlihat lebih berkharisma dan berwibawa sehingga lebih disegani oleh banyak orang.

 

  • Meningkatkan aura ketampanan dan kecantikan

Batu kecubung es mampu meningkatkan aura ketampanan bagi pria dan aura kecantikan bagi wanita sehingga kekurangan fisik tidak akan terlalu dilihat oleh orang lain.

 

Cara Merawat Batu Kecubung Es

Berikut ini adalah cara merawat batu kecubung es diantaranya :

  • Untuk mengangkat kotoran pada batu anda bisa merendam batu kecubung es ke dalam air mineral selama 10-20 menit sehingga dengan terangkatnya kotoran maka pembersihan lebih mudah untuk dilakukan
  • Untuk membersihkan batu kecubung es yang kotor anda bisa membersihkan batu dengan menggunakan sabun mandi yang dicampur dengan air atau bisa juga dengan menggunakan sabun pencuci piring sunlight. Gosok permukaan batu kecubung es dengan menggunakan kuas atau sikat gigi dengan jenis bulu yang halus.
  • Untuk menjaga kilauan batu kecubung es anda bisa menggunakan minyak zaitun atau baby oil (minyak yang tidak mengandung alkohol) kemudian gosok dengan menggunakan kulit binatang atau kain yang lembut.
  • Untuk mempercepat proses kritalisasi batu kecubung es caranya yaitu dengan menggunakan batu kecubung es setiap hari sebagai cincin atau liontin karena suhu tubuh manusia bisa membantu proses kristalisasi pada batu kecubung es atau bisa juga dengan diletakkan pada atas televisi yang menyala.
  • Setidaknya dalam 1 bulan sekali anda bisa menggosok batu kecubung es dengan menggunakan serbuk intan.
  • Jauhkan parfum dan hairspray dari batu kecubung es karena jenis batu ini mudah bereaksi terhadap bahan kimia sehingga warnanya akan menjadi kusam.
  • Titik didih batu kecubung es adalah 75 derajat celcius sehingga usahakan jangan terlalu lama terkena sinar matahari yang panas karena bisa mengubah rona warna batu.

 

Harga Batu Kecubung Es

Bahan batu kecubung es tidak terlalu sulit ditemukan dimana di pasaran batu akik terdapat banyak pedagang batu yang menjual batu kecubung es baik dalam bentuk bongkahan atau potongan kecil.

Harga Batu kecubung es putih yang berukuran ujung jari kelingking tangan biasanya dijual dengan harga sekitar 70-150 ribu rupiah.

Harga batu kecubung es bening yang berukuran ujung jari kelingking tangan biasanya dijual dengan harga sekitar 100-250 ribu rupiah.

Untuk harga batu kecubung es rambut emas biasanya harganya cenderung agak mahal yaitu untuk yang berukuran ujung jari kelingking tangan biasanya dijual dengan harga sekitar 200-300 ribu rupiah.

cincin batu kecubung es

cincin batu kecubung es

liontin batu kecubung es

liontin batu kecubung es

Semoga informasi batu kecubung es yang disebutkan di atas bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk klik like dan bagikan artikel batu kecubung es ini.

Terima kasih telah berkunjung ke situs Batu Mulia Surabaya 🙂

Silakan Beri Komentar