Ciri Batu Ruby Asli


Ciri Batu Ruby Asli

Berikut ini adalah Ciri Batu Ruby Asli atau biasa dikenal dengan nama batu merah delima, diantaranya :

1. Harga batu ruby asli biasanya mahal

Biasanya batu ruby yang palsu dijual dengan harga yang murah, maka dari itu jangan mudah tergiur jika ada yang menawarkan batu ruby dengan harga yang sangat murah.

Batu ruby yang telah diasah harganya bisa melambung tinggi dan dijual dengan harga puluhan juta atau bahkan ratusan juta rupiah.

 

2. Tingkat kekerasan batu ruby asli adalah 9 skala mohs

Dalam skala kekerasan mineral batu ruby asli yang merupakan permata yang dibentuk dari korundum mineral memiliki skala kekerasan 9 skala mohs.

Korundum merupakan bentuk kristal aluminium oksida yaitu salah satu mineral yang paling tahan lama di bumi. Selain memproduksi batu ruby, korundum juga membentuk Safir.

Baru ruby memiliki rumus kimia yaitu Al2O3, gravitasi spesifik 3,9-4,1, serta indeks bias 1,76-1,77.

batu ruby star

batu ruby star

3. Batu ruby sangat keras

Batu ruby termasuk salah satu jenis batu mulia yang memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi, bahkan batu ini tidak bisa tergores oleh baja.

 

4. Akan menimbulkan goresan pada kaca

Jika batu ruby digoreskan ke kaca, tidak akan terlihat bekas apapun pada permukaan batu sedangkan pada kaca akan terlihat bekas goresan.

 

5. Adanya serat halus pada batu ruby asli

Jika dilihat dengan menggunakan teleskop mikro atau kaca pembesar 10x maka akan terlihat serat halus di dalam batu ruby asli.

Batu ruby yang asli biasanya memiliki bentuk yang tidak sempurna dan terlihat tidak terlalu jernih karena adanya serat di dalam batu ruby asli.

Meskipun di pasaran ada banyak batu ruby yang asli namun pada saat ini telah hadir teknologi terbaru yang mampu menghilangkan serat sehingga batu ruby terlihat bening.

ciri batu ruby asli

 

6. Warna batu ruby asli

Pada umumnya batu ruby berwarna merah, namun ada juga batu ruby yang memiliki warna sekunder seperti ungu, violet, oranye dan merah muda.

 

7. Pantulan sinar cahaya

Jika dilihat dengan senter maka akan terlihat adanya pantulan sinar cahaya yang melewati permukaan batu ruby asli.

Ada kalanya sinar yang dipantulkan akan membentuk pola bintang (six point star) namun ada kalanya juga membentuk three ray dimana pembiasan ini terjadi karena serat-serat alami yang dimiliki oleh batu ruby asli.

Untuk mendapatkan hasil yang baik dan akurat anda bisa menggunakan alat seperti Diamond Selector II atau Presidium Gem Tester.

 

batu ruby asli

Batu Ruby Merah Darah Afrika

 

Semoga informasi yang disebutkan di atas bermanfaat untuk kita semua.

Salam Batu Mulia Surabaya 🙂

 

batu akik, batu merah delima, batu merah delima asli, Batu Mulia, batu mulia ruby, batu mulia ruby asli, batu mulia surabaya, batu ruby, batu ruby asli, cara membedakan batu ruby asli, cara membedakan ciri batu ruby asli, cara membedakan jenis batu, cara membedakan ruby asli, ciri batu merah delima, ciri batu merah delima asli, ciri batu ruby, ciri batu ruby asli, ciri merah delima, ciri merah delima asli, ciri ruby, ciri ruby asli, membedakan batu ruby asli, membedakan ruby asli, merah delima, merah delima asli, ruby, batu ruby star, ruby star, Batu Ruby Merah Darah Afrika, Ruby Merah Darah Afrika.