Batu Bulu Monyet


Sekilas Tentang Batu Bulu Monyet

Batu Bulu Monyet (Natural Neraphinite) dan Batu Bulu Macan adalah jenis batu yang termasuk jenis Permata Seraphinite dengan skala kekerasan batu mulia sekitar 6 skala mohs sehingga jangan sampai berbenturan dengan jenis batu yang lebih keras seperti Batu Kecubung karena batu bulu monyet akan Tergores.

Batu bulu monyet termasuk jenis Batu akik yang langka dan diyakini bertuah sehingga jenis batu bulu monyet bisa dikategorikan sebagai batu mustika yang langka.

Nama yang terdapat pada jenis batu ini juga tidak berbeda jauh dengan Batu Bulu Macan yang bisa digambarkan pada pamor atau corak yang terdapat didalamnya yang menyerupai bulu monyet.

Menurut ahli gemologist batu bulu monyet merupakan salah satu jenis batuan volkanik yang berupa Natural Glass atau disebut dengan kata lain Basaltic Glass dan termasuk jenis Natural Glass dengan kandungan silika kurang lebih 50% yang sangat langka.

Pada awal tahun 2014 hingga sekarang (2015) popularitas batu bulu monyet mengalami peningkatan pesat. Selain digunakan dalam bentuk cincin tiidak jarang batu bulu monyet juga digunakan sebagai perhiasan berupa kalung.

batu bulu monyet

batu bulu monyet

 

 

Asal Batu Bulu Monyet

Banyak yang meyakini bahwa corak atau pamor yang terdapat di dalam batu bulu monyet adalah menjadikan jenis batu ini dinamakan sebagai batu bulu monyet.

Banyak penggemar batu mulia yang mengira bahwa batu bulu monyet adalah salah satu jenis batu yang hanya bisa ditemukan di Propinsi Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur.

Padahal batu bulu monyet juga bisa ditemukan di negara Rusia atau daerah Siberia, selain itu penambangan dan eksplorasi terhadap jenis batu ini juga bisa ditemukan di negara Amerika Serikat, Spanyol, Swiss, Turki dan Italy.

Untuk jenis batu seraphinite yang ada di Indonesia dikenal memiliki ciri yang lebih halus jika dibandingkan dengan jenis batu yang sama dari negara lain dan hal inilah yang menjadikan batu bulu monyet asal Indonesia memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Bongkahan batu Bulu Monyet

Bongkahan Batu Bulu Monyet

 

 

Mitos Tentang Batu Bulu Monyet

Berdasarkan kisah legenda masyarakat batu bulu monyet lekat dengan kepercayaan bahwa jenis batu ini memiliki kesaktian yang identik dengan perwujudan dari makhluk gaib seperti buaya, macan dan sebagainya.

Mitos yang lain mengenai batu bulu monyet adalah asal dari batu bulu monyet berasal dari monyet yang mati kemudian seiring dengan bertambahnya waktu mengeras menjadi fosil kemudian membatu.

Ada kisah lain yang menceritakan bahwa batu bulu monyet terbentuk dari raja monyet yang tidak pernah keluar dari sarangnya karena hanya hidup santai di sarangnya yang aktivitas hariannya mengelus-elus bulunya yang lebat, yang sedikit demi sedikit berjatuhan ke tanah dan mengeras menjadi batu.

 

Ciri Batu Bulu Monyet

Untuk menentukan ciri atau keaslian batu bulu monyet termasuk gampang-gampang susah, namun setidaknya ada beberapa hal yang bisa dijadikan patokan untuk menentukan keaslian batu bulu monyet.

Berikut ini adalah ciri batu bulu monyet asli diantaranya :

  • Batu bulu monyet asli memiliki sifat dari batu asli yaitu suhu yang dingin
  • Jika dibakar dengan korek api batu bulu monyet asli tidak akan meleleh atau terbakar
  • Jika disulut dengan api dalam waktu yang agak lama batu bulu monyet asli akan mengeluarkan cairan minyak yang berwarna
  • Batu bulu monyet asli memiliki motif retak-retak

 

Jenis Batu Bulu Monyet

Batu bulu monyet ternyata memiliki banyak jenis dimana masing-masing jenis batu bulu monyet ini memiliki beberapa keunikan yang berbeda.

Berikut ini adalah jenis-jenis dan gambar jenis batu bulu monyet diantaranya :

Batu Bulu Monyet Kebumen

Batu Bulu Monyet Kebumen

Batu Bulu Monyet Kebumen

Batu Bulu Monyet Sintetis

Batu Bulu Monyet Sintetis

Batu Bulu Monyet Sintetis

Batu Bulu Monyet Pacitan

Batu Bulu Monyet Pacitan

Batu Bulu Monyet Pacitan

Batu Bulu Monyet Putih

Batu Bulu Monyet Putih

Batu Bulu Monyet Putih

Batu Bulu Monyet Hijau

Batu Bulu Monyet Hijau

Batu Bulu Monyet Hijau

Batu Bulu Monyet Afrika

Batu Bulu Monyet Afrika

Batu Bulu Monyet Afrika

Batu Bulu Monyet Hitam

Batu Bulu Monyet Hitam

Batu Bulu Monyet Hitam

Cara Perawatan Batu Bulu Monyet

Berikut ini adalah cara merawat batu bulu monyet diantaranya :

  • Siapkan wadah misalnya toples yang ada tutupnya
  • Taruh batu bulu monyet ke dalam wadah toples yang telah diisi dengan air kelapa
  • Rendam batu bulu monyet lalu tutup toples dengan rapat
  • Biarkan selama beberapa hari dan periksa kondisi batu bulu monyet setiap 3 hari sekali
  • Anda bisa mengganti dengan air kelapa yang baru setiap 3 hari sekali

 

Manfaat Batu Bulu Monyet

Selain memiliki nilai jual yang tinggi batu bulu monyet juga memiliki khasiat yang lain misalnya :

  • Memancarkan daya tarik
  • Untuk memberikan ketenangan batin
  • Untuk menentramkan keluarga
  • Untuk memberikan kerukunan dalam keharmonisan rumah tangga
  • Untuk menolak sial atau tolak bala
  • Meningkatkan kharisma pemilik
  • Meningkatkan kesabaran pemilik
  • Berfungsi sebagai pengasihan
  • Untuk meningkatkan rejeki dan kelancaran usaha

Mengenai kepercayaan terhadap manfaat batu bulu monyet tergantung dari masing-masing individu. Meskipun meyakini bahwa batu bulu monyet memiliki khasiat jangan lupa bahwa sehebat-hebatnya batu tetap saja yang maha hebat adalah Allah swt yang telah menciptakan batu tersebut.

 

Harga Batu Bulu Monyet

Harga batu bulu monyet bervariasi dimana dengan ukuran batu yang kecil bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 300.000,- sedangkan batu bulu monyet yang berukuran lebih besar berupa bongkahan bisa mencapai lebih dari jutaan rupiah karena faktor langkanya batu bulu monyet.

 

Semoga informasi batu bulu monyet yang telah disebutkan di atas bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk klik like dan bagikan artikel batu bulu monyet ini.

Terima kasih telah berkunjung ke situs Batu Mulia Surabaya 🙂