Batu Hanoman (Batu Tumpang/Thomsonite)


batu hanoman

Batu Hanoman (Batu Tumpang/Thomsonite)

Batu Hanoman (Batu Tumpang/Thomsonite) juga dikenal dengan nama lain yaitu batu thomsonite, batu kera putih, serta batu tumpang karena memiliki corak dengan garis halus berwarna merah dan putih.

Batu hanoman juga disebut sebagai batu android karena keunikannya yaitu pada sisi luster yang jika diusap dengan jari tangan maka bagian batu yang disentuh akan ikut bergerak seperti halnya layar hp android yang disentuh dengan jari tangan.

Mitos yang beredar di masyarakat mengenai batu hanoman adalah jenis batu ini cocok digunakan untuk seseorang yang menekuni bisnis dagang.

 

Asal Batu Hanoman

Batu Hanoman berasal dari pulau Nusa Kambangan yang ada di Cilacap Jawa Tengah, yang merupakan pulau yang berfungsi sebagai  tempat lembaga pemasyarakatan.

Meskipun di pulau Nusa Kambangan terdapat 20 jenis batu akik seperti batu sunkist, Batu Jasper, lumut, Batu Pancawarna dan sebagainya namun pulau ini identik dengan jenis Batu Hanoman.

Batu hanoman yang pada saat ini jadi buruan para kolektor batu akik hanya bisa ditemukan di pulau Nusa Kambangan lebih tepatnya di tempat batu-batu karang laut.

Ada yang mengatakan bahwa batu hanoman adalah berasal dari fosil batu karang yang berubah menjadi sebuah batu yang unik.

bongkahan batu hanoman

Ciri Batu Hanoman

  • Jika diusap dengan jari tangan maka bagian batu yang disentuh akan ikut bergerak seperti halnya layar hp android yang disentuh dengan jari tangan, meskipun pada sebagian batu hanoman tidak memiliki sifat ini.
  • Batu Hanoman bisa menyala di malam hari
  • Jika disenter, maka akan terlihat gambar dalam batu seperti warna merah muda buah delima dan terlihat begitu hidup seperti sarang tawon.
  • Untuk batu tumpang yang sudah mengkristal jika disenter cahayanya terlihat tembus

 

ciri batu thomsonite

Jenis Batu Hanoman

Sebenarnya selain batu hanoman yang sering terlihat di masyarakat, masih ada banyak pilihan jenis batu hanoman yang berwarna hijau, capucino, putih dan merah.

 

Kandungan Batu Thomsonite

Batu Tumpang adalah sebuah tecto-sillicate mineral dari keluarga zeolite, yang memiliki rumus kimia NaCa2Al5Si5O20•6H2O sehingga batu hanoman bisa dibedakan menjadi 2 jenis karena kandungan mineral yang mendominasinya:
1. Thomsonite-ca sesuai dengan namanya thomsonite jenis ini didominasi oleh banyaknya kandungan ca (kalsium)
2. Thomsonite-Sr, jenis ini didominasi oleh banyaknya kandungan strontium, nah untuk jenis ini tergolong sangat langka (extremely-rare).

skala kekerasan mohs: 5 – 5.5 Mohs scale;
Berat Jenis: 2.3 – 2.5

bahan batu hanoman

 

Harga Batu Tumpang

Harga batu hanoman ada banyak pilihan namun karena stok semakin terbatas maka paguyuban perajin dan pedagang batu akik di Cilacap membuat kesepakatan harga standar batu hanoman.

Misalnya sebuah batu hanoman yang sudah naik ring dijual dengan harga Rp 500 ribu yang jika batu tersebut dijual di bawah harga tersebut maka pedagang akan dimarahi oleh pedagang yang lain.

Jika dibandingkan dengan jenis batu akik yang berasal dari pulau Nusa Kambangan, batu Thomsonite adalah jenis batu yang memiliki nilai jual paling tinggi diantara yang lain.

Di bursa jual beli akik baik di pedagang kaki lima, stan akik di mall ataupun lapak jual beli online batu Hanoman tanpa ring biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 400 rb – Rp 1 juta.

liontin batu hanoman

Semoga informasi Batu Hanoman (Batu Tumpang/Thomsonite) yang disebutkan di atas bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk klik like dan bagikan artikel Batu Hanoman (Batu Tumpang/Thomsonite) ini.

Terima kasih telah berkunjung ke situs Batu Mulia Surabaya 🙂

 

Batu Gambar Nyi Roro Kidul


Batu Gambar Nyi Roro Kidul

Semenjak batu akik menjadi incaran banyak orang maka belakangan ini para kolektor batu mulia banyak yang mulai berminat pada batu akik yang bergambar.

Selain memiliki unsur keindahan, batu bergambar memiliki sisi unik karena hampir mustahil akan ada jenis batu lain yang akan memiliki pola dan gambar yang sama.

Belum lama ini di dalam dunia batu akik dihebohkan dengan batu bergambar Nyi Roro Kidul dimana dalam batu ini terdapat gambar Nyi Roro Kidul yang diyakini oleh sebagian orang memiliki tuah atau daya magis.

Di dalam Batu Gambar Nyi Roro Kidul tersebut terdapat pola yang terlihat seperti wanita yang sedang menari dan sosok tersebut mirip dengan Nyi Roro Kidul.

Daniel Krisna, sang pemilik batu tersebut yang juga merupakan seorang pelukis memperjelas gambar pada batu tersebut ke dalam kanvas lukisan.

Krisna menuturkan bahwa pada mulanya batu yang dibentuk menjadi liontin tersebut adalah bahan Batu Pancawarna dengan tebal 2 cm yang berasal dari Wonosobo, Jawa Tengah.

Bahan batu pancawarna tersebut dibeli pada tahun 1995 seharga Rp 50 ribu di pasar akik Jakarta Gems Center yang berada di Rawa Bening, Jatinegara, Jakarta Timur

Batu Gambar ratu pantai selatan yang sering mengikuti acara pameran batu mulia tersebut dibandrol dengan harga Rp 5 Milyar Rupiah.

Alasan dibandrol dengan harga tersebut adalah karena hampir mustahil akan ada yang membeli batunya, hal ini disengaja karena batu tersebut memang tidak untuk dijual meskipun pada beberapa saat yang lalu ada yang pernah menawar batu tersebut dengan harga 3 Milyar Rupiah.

Untuk meyakinkan keasliannya maka Daniel Krisna melakukan uji lab terhadap batu gambar Nyi Roro Kidul tersebut sehingga pada kolektor batu akik semakin percaya terhadap keasliannya.

Batu Gambar Nyi Roro Kidul

Semoga informasi Batu Gambar Nyi Roro Kidul yang disebutkan di atas bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk klik like dan bagikan artikel Batu Gambar Nyi Roro Kidul ini.

Terima kasih telah berkunjung ke situs Batu Mulia Surabaya 🙂

Batu Biduri Sepah


Batu Biduri Sepah

Batu Biduri Sepah atau biasa dikenal dengan nama lain batu Tiger’s Eye (Mata Macan) adalah batu akik yang termasuk ke dalam jenis Quartz (kuarsa) yang memiliki skala kekerasan mohs batu mulia antara 6,5 sampai 7 skala mohs.

Dengan kata lain batu biduri sepah memiliki skala kekerasan yang sama dengan batu kuarsa yang lain seperti batu smoky quartz (kinyang asap), agate (Akik), Kalsedon dan chrysoprase (akik bawang).

Disebut dengan batu biduri sepah karena batu ini memiliki struktur mineral yang bersifat asbes atau berserat dan sekilas terlihat mirip sepah tebu.

Hal ini berbeda dengan istilah Tiger’s Eye atau mata macan dimana istilah ini berasal dari persepsi orang Inggris.

Batu Biduri Sepah dikenal unik karena memiliki efek Cat’s Eye atau Mata Kucing (Chatoyancy) yang juga berhubungan dengan Pietersite dan Hawk’s Eye yang juga sama-sama memiliki efek Cat’s Eye.

Warna asli batu tiger’s eye adalah kuning namun ada pula yang berwarna merah dengan garis-garis keemasan yang terlihat seperti loreng harimau.

Batu biduri sepah memiliki warna garis yang berbeda dimana warna garis yang berwarna kuning muda disebut dengan mata harimau sedangkan warna garis berwarna putih disebut mata garuda.

Dalam dunia astrologi batu biduri sepah memiliki hubungan yang erat dengan zodiak gemini.

bahan batu biduri sepah

bahan batu biduri sepah

 

Asal Batu Biduri Sepah

Jenis Batu Biduri Sepah bisa ditemukan di Australia, Burma, India dan Amerika namun untuk jenis biduri sepah dengan kualitas yang terbaik biasanya berasal dari Afrika Selatan.

 

Ciri Batu Biduri Sepah

Ciri khas yang utama dari batu biduri sepah adalah jenis batu ini memiliki warna coklat dengan kuning keemasan dengan motif alami.

Karena berasal dari batuan alami maka batu biduri sepah memiliki sifat seperti jenis batu alam yang lain yaitu jika ditempelkan pada kulit maka akan terasa dingin alami.

Untuk batu biduri sepah yang palsu atau sintetis jika dibakar dengan api maka akan meninggalkan bekas yang tidak akan hilang, sedangkan batu biduri sepah yang asli bekas api mudah hilang.

 

JENIS BATU BIDURI SEPAH

Biduri Sepah Mata Kucing

Biduri Sepah Mata Kucing

Biduri Sepah Mata Kucing

Biduri Sepah Hitam

Biduri Sepah Hitam

Biduri Sepah Hitam

Biduri Sepah Badar Besi

Biduri Sepah Badar Besi

Biduri Sepah Badar Besi

 

Harga Batu Biduri Sepah

Untuk Batu Biduri Sepah dengan ukuran sekitar 15 x 15 x 5 mm biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 150.000,- sedangkan untuk harga bongkahan batu biduri sepah biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 300.000,-.

 

Cara Merawat Batu Biduri Sepah

  • Gunakan botol yang digunakan untuk menampung air AC
  • Kemudian masukkan batu biduri sepah ke dalam botol yang berisi air rendaman AC tersebut
  • Teknik perawatan batu biduri sepah ini digunakan untuk membuat batu biduri sepah terlihat lebih bening dan jernih
  • Hindari penggunaan bahan asam sulfat, amonia ataupun bahan kimia lain yang bersifat keras ketika membersihkan batu biduri sepah
  • Jangan menggunakan hairspray atau parfum untuk membersihkan batu biduri sepah anda
  • Steam cleaner (pembersih uap) dan ultrasonik bisa digunakan untuk membersihkan batu biduri sepah meskipun tidak disarankan untuk sebagian besar batu permata
  • Biasakan untuk melepas perhiasan permata anda sebelum melakukan aktivitas fisik seperti pekerjaan rumah tangga, olahraga dan berbagai aktivitas fisik lain yang berat.
  • Pada saat tidak sedang digunakan anda bisa membungkus batu biduri sepah dengan menggunakan kain yang lembut atau lapisi dengan kain kemudian simpan di dalam kotak perhiasan.

 

Manfaat Batu Biduri Sepah

Selain dikoleksi karena memiliki faktor keindahan ada kalanya batu biduri sepah juga dikoleksi karena diyakini memiliki manfaat tertentu.

Berikut ini adalah manfaat batu biduri sepah diantaranya :

  • Meningkatkan daya konsentrasi dan kemampuan berpikir
  • Cocok digunakan oleh anak yang sedang konsentrasi untuk menghadapi ujian sekolah
  • Membantu mengatasi tekanan pikiran atau stres
  • Meningkatkan semangat hidup
  • Meningkatkan harga diri
  • Mengaktifkan cakra dasar dan cakra perut
  • Memiliki energi yang bisa menarik rejeki dan memberikan keberuntungan
  • Membantu menghindarkan diri dari aksi kejahatan
  • Melindungi keluarga dan teman terdekat
  • Menangkal diri dari serangan ilmu hitam

Semua manfaat di atas tergantung dari kepercayaan masing-masing, namun meskipun mempercayai semua manfaat batu biduri sepah yang telah disebutkan di atas hendaklah meyakini bahwa itu semua terjadi karena kehendak Tuhan Yang Maha Esa.

 

biduri sepah

biduri sepah

Batu Biduri Sepah

Variasi Warna : Coklat, Biru dan Kuning
Kadar Transparasi : Opaq
Kilap Polis : Kilap-kaca.
Index Bias : 1,544 – 1,553
Kadar Keras : 6,5-7 skala mohs
Berat Jenis :  2,64 – 2,71
Formula Kimia : (SiO2)
Sistem Kristal : Heksagonal
Wilayah Penghasil :  Afrika Selatan, Australia, Burma, India dan Amerika dan sebagainya.

 

Gambar Perhiasan Batu Biduri Sepah

perhiasan batu biduri sepah

perhiasan batu biduri sepah

gelang batu biduri sepah

gelang batu biduri sepah

liontin biduri sepah

Semoga informasi Batu Biduri Sepah di atas bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk klik like dan bagikan informasi mengenai Batu Biduri Sepah ini.

Terima kasih telah berkunjung ke situs Batu Mulia Surabaya 🙂

Kontes Batu Akik Blitar 25-30 Agustus 2015


Kontes Batu Akik Blitar 25-30 Agustus 2015

BLITAR GEMSTONE FESTIVAL 2015

Bagi yang mau ngelapak, pendaftaran stand sudah dibuka (cek lay out mengULAR)

V.I.P @ Rp. 700 rb. (layout depan, 2 meja kursi, etalase, listrik)

REGULER @ Rp. 350 rb (1 meja 2 kursi, listrik)

*terbatas 100 stand.

KONTES batu mulia nusantara

kategori umum 19 kelas @Rp.100rb
kategori lokal 3 kelas @ Rp.50Rb

(trophy exclusif bung karno + sertifikat + uang tunai )

Hadiah juara umum : 1 unit sepeda motor, LCD TV.

info & pendaftaran ; mr.ajit 082335555677

_——————————————
jadwal acara hari jadi Blitar ke-691
* 25-30 agustus 2015 BURSA & KONTES BATU MULIA TINGKAT NASIONAL
* 27-29 agustus 2015, pembukaan oleh bupati, grand final gus & jeng kab. blitar, festival batik, festival penataran, pameran pendidikan, pameran keris dan tosan aji, pameran dinas dan UMKM.
* 28 agustus 2015, Gelar Malam Purnama
* 29 agustus 2015, pagelaran wayang kulit, Gelar budaya blitar, festival jajanan khas blitar.
perkiraan pengunjung +- 5000 sampai 10.000 orang perhari.

support oleh : PEMKAB BLITAR.

 

Semoga informasi Kontes Batu Akik Blitar 25-30 Agustus 2015 yang disebutkan di atas bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk klik like dan bagikan informasi Kontes Batu Akik Blitar 25-30 Agustus 2015 ini.

Terima kasih telah berkunjung ke situs Batu Mulia Surabaya 🙂

Kontes Batu Mulia Cito Surabaya 26-30 Agustus 2015


Kontes Batu Mulia Cito Surabaya 26-30 Agustus 2015

PIALA WALIKOTA SURABAYA..!!
seminggu lagi…!!

2ND SOERABAIA GEMSTONE EXPO
ATRIUM CITO MALL SURABAYA
26- 30 AGUSTUS 2015

Kelas & Jadwal Kontes Nasional …!!

Rabu 26 Agustus 2015
12.00–13.00 BACAN OPEN
13.30–14.30 CHALCE RED
14.30–15.30 CHALCE ORANGE
15.30–16.30 CHALCE YELLOW
16.30–17.30 CHALCE PURPLE
18.30–19.30 CHALCE COLOURLESS
19.30–20.30 AMETHYST OPEN

Kamis 27 Agustus 2015
12.00–13.00 TAPAK JALAK
13.30–14.30 JUNJUNG DERAJAD
14.30–15.30 PUSER BUMI/SUMUR BANDUNG
15.30–16.30 BULU MACAN
16.30–18.00 BEBAS (UNIK&ANTIK)
19.00–20.00 PANCAWARNA BADAR
20.00–21.00 PANCAWARNA KRISTAL

Jumat 28 Agustus 2015
13.30–15.00 PA BADAR (PAB) TOKOH–ORANG
15.00–16.30 PAB BENDA TUMBUHAN
16.30–18.00 PAB PEMANDANGAN
18.30–19.30 PAB HEWAN
19.30–20.30 PAB HURUF ANGKA
20.30–21.30 PAB EKSPRESI GERAK

Sabtu 29 Agustus 2015
11.30–13.00 PA KRISTAL (PAK) TOKOH-ORANG
13.30–15.00 PAK BENDA TUMBUHAN
15.00–16.00 PAK PEMANDANGAN
16.00–17.00 PAK HEWAN
18.00–19.00 PAK HURUF & ANGKA
19.00–20.00 PAK EKSPRESI GERAK

Minggu 30 Agust 2015
~ Penyerahan Piala & Hadiah semua kontes serta DoorPrize

» Juri Kredible & ada Dewan juri, saat kontes HANYA ada juri, rekap nilai dilokasi & pemenang diumumkan langsung setelah rekap nilai.
» Syarat & Pendaftaran: Rp. 250.000,- per Batu, Wajib Memo/Sertifikat & Ikat/Ring/Frame.
» Daftar 2 Batu FREE Jersey Even Ekslusif
» Kontes Keindahan Stand

Info & pendaftaran:
Majalah LIBERTY: Jln Karah Agung 45 Surabaya (Jawa Pos Lama)
Bintang 5 Gems: Psr Batu Permata Kayoon (Sblah Bebek Mercon – dpn Kantor Dispora)
– Christanto W 08155037755,
– Wido 085753528888,
– Heru 081515898489,
– Indra Hutama 0811310489,
Sponsorship: Agung 085233215169

Supported: PEMPROV JATIM- PEMKOT SURABAYA- JAWA POS- Majalah INFO BATUMULIA NUSANTARA- OPTIMA Gems Lab- CITO Mall- Percetakan PRIMA PRINT- MAHARDIKA Link- SHOPIE PARIS BC Riesa Martini- LOWO IRENG Auto Garage- PT.GENDING SUKOCO- DENTALAND- Radio WIJAYA 103,5FM- BANDAR Gallery- MANSION Property

suasana Pameran dan Kontes Batu Mulia Cito Surabaya 26-30 Agustus 2015

stan Pameran dan Kontes Batu Mulia Cito Surabaya 26-30 Agustus 2015

Pameran dan Kontes Batu Mulia Cito Surabaya 26-30 Agustus 2015

 

Peta Lokasi Pameran dan Kontes Batu Mulia Cito Surabaya 26-30 Agustus 2015

peta lokasi Pameran dan Kontes Batu Mulia Cito Surabaya 26-30 Agustus 2015

Semoga informasi Kontes Batu Mulia Cito Surabaya 26-30 Agustus 2015 yang disebutkan di atas bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk klik like dan bagikan informasi Kontes Batu Mulia Cito Surabaya 26-30 Agustus 2015 ini.

Terima kasih telah berkunjung ke situs Batu Mulia Surabaya 🙂

Bursa Akik Malang 28 Agustus – 6 September 2015


Bursa Akik Malang 28 Agustus – 6 September 2015

Tanggal : 28 Agustus – 6 September 2015
Tempat : Mall Dinoyo City, Malang
Waktu : 10.00 – 21.30

Dimeriahkan Oleh :

Kontes AKIK NASIONAL

Hadiah Jutaan Rupiah

Pesan sekarang STAND TERBATAS :

30 Pendaftar pertama GRATIS ETALASE

Fasilitas :

Partisi

Meja & Kursi

More Information :

Andik : 0812 8948 0138

Bursa Akik Malang 28 Agustus - 6 September 2015

Semoga informasi Bursa Akik Malang 28 Agustus – 6 September 2015 yang disebutkan di atas bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk klik like dan bagikan informasi Bursa Akik Malang 28 Agustus – 6 September 2015 ini.

Terima kasih telah berkunjung ke situs Batu Mulia Surabaya 🙂

Pameran Keris dan Batu Akik Lumajang Agustus 2015


Pameran Keris dan Batu Akik Lumajang Agustus 2015

pameran keris & batu akik se nusantara

22-24 Agustus 2015

PAMERAN AKBAR

workshop keris :

Tanggal 22 Agustus 2015

Jam 09.00-11.00

pameran keris & batu akik se nusantara 22-24 Agustus 2015

mulai jam 08.00-22.00

contact person:

1.085646847196 (bpk.jefri)
2. 085733582441 ( bpk.hofir)
pin BB 268cdbf7

lokasi: gedung guru lumajang

di selenggarakan oleh : sanggar budaya pusaka majapahit

 

Semoga informasi Pameran Keris dan Batu Akik Lumajang Agustus 2015 yang disebutkan di atas bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk klik like dan bagikan informasi Pameran Keris dan Batu Akik Lumajang Agustus 2015 ini.

Terima kasih telah berkunjung ke situs Batu Mulia Surabaya 🙂

Pameran Akik Tuban 19-21 Agustus 2015


Pameran Akik Tuban 19-21 Agustus 2015

Kampoeng Akik hadir dalam pekan raya

“Pameran Produk Asli Indonesia” Dalam rangka HUT Proklamasi RI Ke-70

Kec. RENGEL Kab. Tuban

Tanggal : 19 – 21 Agustus 2015
Jam : 10:00 s/d 22:00
Tempat : Lapangan Bahagia (Timur Puskesmas Rengel)

Dimeriahkan juga dengan Festival Hadroh & Parade Musik 4 Kabupaten (Tuban, Bojonegoro,Lamongan & Jombang)

pameran akik tuban 19-21 agustus 2015

Semoga informasi Pameran Akik Tuban 19-21 Agustus 2015 yang disebutkan di atas bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk klik like dan bagikan informasi Pameran Akik Tuban 19-21 Agustus 2015 ini.

Terima kasih telah berkunjung ke situs Batu Mulia Surabaya 🙂

Pameran dan Kontes Batu Gambar Banyumas 21-23 Agustus 2015


Pameran dan Kontes Batu Gambar Banyumas 21-23 Agustus 2015

IKUTI PAMERAN DAN KONTES BATU NUSANTARA

Memperebutkan

THROPY KOMANDAN YONIF 405 SURYA KUSUMA..

Bp Let.Kol Inf. Bayu Jagat,

Tgl 21-23 Agt 2015

di RM. LUMER Klapa Gading Wangon.

Biaya Stand Rp 300 rb,

Daftar Kontes Rp 50 rb

Total Hadiah Jutaan Rupiah …

Info Call:

081226663646 / 0819801934..

 

Pameran dan Kontes Batu Gambar Banyumas 21-23 Agustus 2015

Semoga informasi Pameran dan Kontes Batu Gambar Banyumas 21-23 Agustus 2015 yang disebutkan di atas bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk klik like dan bagikan informasi Pameran dan Kontes Batu Gambar Banyumas 21-23 Agustus 2015 ini.

Terima kasih telah berkunjung ke situs Batu Mulia Surabaya 🙂

Bursa Akik JX International Surabaya Agustus 2015


Bursa Akik JX International Surabaya Agustus 2015

“Terbesar se-Indonesia Timur 2015”

Tanggal : 19 – 30 Agustus 2015
Tempat  : JX International, Jl. A Yani 99 Surabaya
Waktu  : 10.00 – 22.00

Deskripsi Event :
Bagi kolektor atau penggemar akik, panitia mengadakan Kontes Batu 15 Kategori. Peserta pameran datang langsung dari penjuru Indonesia, dari Jakarta, Jabar, Palu, Sumatera, Kalimantan hingga Irian Jaya datang ke Surabaya

Konten Event :

  • Kontes Akik Nasional
  • Pameran Batu se Indonesia
  • Talkshow dan Edukasi
  • Lelang Akik dari seluruh Indonesia
  • Hanya 200 stan akan mengisi Acara (stan akik dan multi produk)
  • Ribuan pengunjung akan hadir di acara ini

Pendaftaran :

  • MULTIPRODUK / AKIK
    • Stand UK 3 x 2 M
    • Harga : Rp 3.000.000
    • Fasilitas Stand :
      • Partisi
      • Listrik / MCB
      • 1 Meja 2 Kursi
      • Lampu TL
      • Nama stand
      • Karpet
  • KULINER
    • Stand Uk 2 x 2 M
    • Harga : Rp 2.500.000
    • Fasilitas Stand :
      • Open Space
      • Listrik / MCB
      • 1 Meja 2 Kursi
      • Lampu TL
      • Nama Stand
      • Karpet

More Information :

  • Imron : 083856951800
  • pin BB : 23aa5f1a

Bursa Akik JX International Surabaya 2015

denah Bursa Akik JX International Surabaya 2015

Peta Lokasi Bursa Akik JX International Surabaya Agustus 2015

peta lokasi bursa akik jx international surabaya juli 2015

Semoga informasi Bursa Akik JX International Surabaya Agustus 2015 yang disebutkan di atas bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk klik like dan bagikan informasi Bursa Akik JX International Surabaya Agustus 2015 ini.

Terima kasih telah berkunjung ke situs Batu Mulia Surabaya 🙂